30 October 2019

13 Tempat Wisata Paling Populer Di Sulawesi Barat

Salam hangat untuk kalian yang membaca artikel ini.

Terkadang Anda perlu melakukan perjalanan liburan yang menyenangkan baik itu di luar negeri ataupun luar kota. Walau Anda bekerja sebagai seorang pebisnis, karyawan, pegawai, penulis dan lain sebagainya. Anda butuh liburan yang menyenangkan.

Maka dari itu, pada artikel ini saya akan membagikan kepada Anda 13 tempat wisata yang berada di Sulawesi Barat, mulai dari tempat wisata di Kabupaten Polewali hingga tempat wisata di Kabupaten Mamuju.

Inilah tempat wisata menarik dan terpopuler di Sulawesi Barat.

1. Pulau Karampuang

Pulau ini terletak di Kecamatan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Pulau ini sering disebut sebagai salah satu pulau Bali Tersembunyi.

Pulau yang dikelilingi air laut berwarna biru tosca, menjadi tempat yang sangat menarik untuk melakukan snorkeling. Ditambah lagi ada jembatan panjang yang dapat Anda nikmati sambil melihat terumbu karang dimana ikan-ikan kecil bermain.

Dan juga ada tempat yang dipercaya untuk mendatangkan jodoh, yaitu sumur jodoh. Yang dimana Anda menggunakan air dari sumur ini akan cepat mendatangkan jodoh. Sumur yang dipercayai oleh warga setempat.

Jika waktu malam tiba dan rembulan menghiasi pulau. Anda akan menyaksikan salah satu keindahan pulau ini. Anda akan merasa dekat dengan rembulan tersebut.

2. Air Terjun Indo Rannuang

Air terjun ini terletak di Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Tempat wisata ini merupakan salah satu wisata populer di Polewali Mandar.

Air terjun yang memiliki tingkatan yang bervariasi berukuran kecil hingga besar. Namun Anda mesti berhati-hati jika Anda ingin berendam di kolam air terjun. Sebab kedalaman di kolam air terjun sangat bervariasi.

Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang masih hijau asri ditambah lagi suasana alam yang menyegarkan. Membuat Anda betah menikmati air terjun ini.

3. Pantai Dato Majene

Pantai Dato ini terletak di Dusun Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Majene, Sulawesi Barat. Menjadi tempat wisata populer yang ada di Majene.

Pantai Dato memiliki dua pantai yaitu pantai pasir putih dan pantai karang atau tebing. Jangan khawatir soal pantai yang satu ini sebab telah diberikan akses yang nyaman untuk Anda menikmati keindahan pantai Dato Majene.

Bukan cuma itu, Anda juga dapat berkeliling dan menikmati segarnya air dari pantai Dato.

Ditambah lagi telah disediakan penginapan untuk Anda jika ingin menikmati pantai Dato ditengah malam bersama rembulan.

4. Pantai Batu Raja Apoang

Pantai ini terletak di Desa Bukit Samang, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Pantai Raja Apoang ini berbeda dari pantai dengan pasir lembutnya. Melainkan pantai ini memiliki hamparan bebatuan yang luas dipesisir pantainya. Seolah-olah pantainya seperti tebing karena banyaknya bebatuan yang luas berada di pesisir pantai. Ditambah lagi diteriknya panas matahari pantai ini masih tetap sejuk.

5. Pantai Palippis

Pantai Palippis terletak di Desa Bala, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Pantai ini terkenal dengan keindahan lautnya lepasnya.

Bukan hanya itu saja di pantai ini juga terdapat tebing dan gua yang terhubung dengan air laut.

Ditambah lagi dengan terumbu karangnya yang masih subur dan berwarna-warni dimana spesies ikan kecil bermain-main.

6. Pulau Gusung Toraja

Pulau Gusung Toraja ini terletak di Tonyamang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman, Sulawesi Barat. Pulau ini dinamai dengan Gusung Toraja karena pada zaman penjajahan banyak orang Toraja yang menjadi korban dan dimakamkan di pulau ini. Kemudian untuk menghormati mereka yang yang berjuang, maka pulau ini diberi nama Gusung Toraja.

Pulau ini memiliki pantai pasir putih yang tidak kalah terbaiknya dari pantai pasir putih terkenal. Ditambah lagi airnya jernih menembus dasar terumbu karang yang masih subur dan berwarna-warni menjadi tempat spesies ikan kecil bermain.

7. Air Terjun Liawan

Air terjun Liawan terletak di Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Tempat wisata ini selalu ramai baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Anda tidak perlu khawatir untuk lokasi air terjun Liawan ini. Sebab, fasilistasnya telah memadai untuk para wisatawan.

Dengan ketinggian lebih 40 meter, air terjun ini diapit oleh pepohonan yang berduan lebat yang masih asri.

Suasana menyenangkan dan menyegarkan berada dilokasi air terjun, membuat Anda segera berendam dan menikmati air segar dari alam ini.

8. Buntu Liarra - Gunung Liarra

Pegunungan ini terkenal dengan salah satu negeri di atas awan. Pegunungan ini terletak di Desa Talimbung, Kecamatan Tanduk Kalua, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat.

Pegunungan ini menawarkan keindahan dan pemandangan alam yang menawan. Apalagi gumpalan awan yang mengelilingi puncak 360 derajat membuat pendaki memasang tenda untuk menikmati pemandangam ini lebih lama lagi.

Ditambah lagi terbit dan terbenamnya matahari menjadi spot paling menakjubkan sebab dipadukan dengan gumpalan awan.

9. Pemandian Air Panas Limboro

Pemandian air panas Limboro ini terletak di Desa Tallu Banua, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Pemandian air panas ini memiliki tiga kolam yang telah diperbaharui yang dimana kolam tersebut ada yang besar, sedang dan kecil.

Uniknya setiap kolam memiliki suhu yang panas yang berbeda, ditambah lagi ada dua suhu ditempat ini yaitu suhu dingin dari area pemandian dan suhu panas dari kolam pemandian. Seperti halnya pemandian air panas pada umumnya yang dimana mampu menjadi penawar penyakit kulit.

Tapi perjalanan untuk menuju lokasi pemandian belum memadai jadi Anda mesti berhati-hati melakukan perjalanan.

10. Air Terjun Talassang Malunda

Setiap pesona air terjun yang terbentang luas di Indonesia memiliki kunikannya sendiri. Begitu juga dengan air terjun Talassang Malunda ini yang terletak di Desa Lombang, Kecamatan Malund, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Jalan ke air terjun ini tidak mudah untuk dilalui sebab banyak rintangan untuk bisa ke lokasi. Dengan ketinggian 15 meter, air terjun ini sering dijumpai oleh wisatawan.

11. Bukit Jati Gentungan

Salah satu tempat wisata populer yanh terletak di Desa Bebanga, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Selawesi Barat.

Objek wisata di Mamuju ini cocok untuk liburan bersama keluarga. Konsep dari tempat ini adalah water boom yang berpadu dengan pemandangan alam.

Tempat wisata ini sangat moderen sebab telah disediakan fasilitas lapangan bulutangkis, futsal, tempat karokean dan masih banyak lagi fasilitas yang diberikan.

Anda tidak perlu khawatir soal penginapan sebab telah disediakan villa dan rumah makan untuk pengunjung tinggal Anda menyewanya saja.

12. Air Terjun Tamasapi

Air terjun Tamasapi ini terletak di Desa Mamunyu, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Seperti air terjun pada umumnya. Memiliki air yang segar dan menyenangkan dengan perpaduan alam yang masih asri membuat air terjun ini terkenal. Ditambah lagi dengan pepohonan yang menemani Anda adalah pohon durian. Jika Anda berkunjung di waktu musim durian Anda bisa menikmatinya sambil memandang air terjun Tamasapi.

13. Pantai Manakarra

Pantai Manakarra adalah bagian dari teluk Mamuju. Jika Anda mengenal dengan nama tempat wisata Pantai Losari begitupun juga dengan pantai Manakarra.

Pantai yang terbentuk dari tanah beton yang berbeda dari pantai pasir putih dan lembut pada umumnya.

Pantai Manakarra ini selalu ramai dikunjungi mulai dari kalangan anak-anak, pemuda dan orang tua. Menikmati pemandangan terbenamnya matahari yang dilatar belakangi pulau Karampuang.

Pantai Manakarra ini terletak di Kota Mamuju, Sulawesi Barat.

Nah, itulah tempat wisata yang populer di Sulawesi Barat. Masih banyak tempat wisata yang bisa Anda eksplor di Sulawesi Barat. Namun inilah 13 tempat wisata populer yang berada di Sulawesi Barat.

Mulai dari tempat wisata Polewali hingga tempat wisata Mamuju di Sulawesi Barat. Inilah 13 tempat wisata menarik dan populer untuk Anda melakukan perjalanan menyenangkan.

Jangan lupa untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan berlibur. Perlengkapan dan kesehatan mesti dipersiapkan secara matang.

Agar supaya hal yang tidak Anda ingin diperjalanan dapat di minimalisir. Selamat menikmati waktu berlibur Anda.

Jika Anda memiliki tempat wisata menarik lainnya silahkan Anda berikan tanggapan Anda dikolom komentar. Sekian dan terima kasih.

Add Comments


EmoticonEmoticon