23 October 2019

13 Tempat Wisata Paling Populer Di Sulawesi Tengah

Liburan itu sesuatu yang menyenangkan loh! Ditengah kesibukan bisnis, pegawai negeri sipil, dan lain sebagainya. Pasti menginginkan waktu untuk berlibur. Tapi Anda tidak tahu ingin melakukan liburan dimana? Inilah 13 tempat wisata yang ada di Sulawesi Tengah yang menjadi rekomendasi untuk Anda menikmati hari libur bersama keluarga, sahabat dan kekasih.

1. Pulau Dua Balantak 

Terletak di Desa Kampangar, Kecamatan Balantak, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Pulau ini sangat menawan karena memberikan pemandangan samudera disekeliling Anda. Membayangkan Anda berdiri ditengah-tengah samudra dengan pijakan yang kecil.

Pulau Dua termasuk pulau kecil yang benar-benar indah. Menjejakkan kaki diatas bukit, maka keindahannya akan terlihat. Bentangan birunya laut dan langit tampak begitu mempesona.

Anda dapat menapaki bukit dengan aman karena telah disediakan tangga hingga puncak bukit yang membelah bukit dan membuat Anda menikmatinya dengan rasa aman.

Jika Anda ingin menikmatinya lebih lama lagi, telah disediakan penginapan walau terbatas Anda tidak perlu berkecil hati. Menikmati terbitnya matahari dan terbenamnya matahari di pulau Dua ini adalah hal terbaik.

2. Pulau Dua Laut

Pulau ini terletak di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Banyak hal yang menarik dari pulau ini. Terutama untuk air lautnya yang memiliki dua warna yang berbeda ditambah lagi dengan keindahan bawah laut yang tidak kalah dengan Taman Laut Wakatobi.

Pulau ini masih sangat alami, jadi jangan heran jika pada saat berenang Anda melihat taman bawah laut yang indah. Karena air dipulau ini masih sangat jernih hingga menembus dasar taman bawah laut.

3. Sumur Pusentasi

Sumur pusat laut ini terletak di Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Pusentasi terlihat seperti pemandian bawah tanah karena pemandian ini terbentuk secara alami seperti sumur.

Air berwarna biru laut yang jernih, seperti air laut pada umumnya berasa asin dan dikabarkan air ini terhubung langsung dari laut. Pemandian ini sangat unik bukan pada bentuk pemandiannya saja melainkan air dari pemandian ini tidak pernah keruh walau banyak yang telah menikmati sumur Pusentasi ini.

4. Pemandian Tertaria

Pemandian Tertaria, yang terletak di Kelurahan Kulango, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Pemandian ini berada di dataran tinggi Kabupaten Buol jadi jangan heran jika airnya dingin, walau diterik matahari airnya tetap dingin.

Pemandian ini memberikan pemandangan alam bebas. Berendam sambil bersantai di alam bebas membuat Anda betah berlama-lama dipemandian Tertaria ini.

Biaya masuk pemandian ini terbilang sangat murah. Bayar ditempat, Anda bisa menikmatinya dari pagi hingga sore.

5. Air Terjun Sigelang

Air terjun Sigelang ini, salah satu tempat populer di Tolitoli, Sulawesi Tengah. Apalagi dikalangan para pemuda. Tempat wisata ini dikelola oleh masyarakat sendiri hingga menjadi tempat populer di kalangan para pemuda.

Air terjun ini memberikan pesona air yang cantik dan segar. Aliran airnya yang jernih dan tenang serta suasana alam melengkapi keindahan air terjun Sigelang ini.

6. Air Terjun Malangga

Air terjun Malangga ini terletak di Desa Tinigi, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Disepanjang perjalanan menuju air terjun. Anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang indah dari perkebunan cokelat masyarakat sekitar.

Keindahan alam sekitar air terjun ini masih terbilang sangat alami. Deruhnya air yang mengalir diantara batuan besar terlihat unik.

Jika pada umumnya air terjun identik dengan tebing namun berbeda dengan air terjun ini, diapit oleh bebatuan besar.

7. Udang Merah Tanjung Sanjangan

Tempat wisata udang merah ini terletak di Desa Salumbia, Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Bentuk udang ini seperti udang pada umumnya, namun yang membuatnya unik adalah warna dari udang ini.

Penemuan undang merah yang unik ini sejak tahun 2010 oleh sejumlah warga setempat. Udang ini begitu unik dan sangat langka.

Para wisatawan berbondong-bondong ingin menyaksikan dengan kepala mata mereka tentang keberadaan udang merah ini dan juga udang merah ini dapat dijadikan terapi tubuh dengan merendamkan kaki ke kolam udang merah.

8. Air Terjun Soluopa

Air terjun Soluopa ini terletak di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Air terjun ini memberikan kepada Anda air yang segar dan jernih dipadukan dengan udara alam yang masih asri.

Air terjun Soluopa ini memiliki keunikannya sendiri yang diberi nama air luncur dikarenakan air terjun ini memiliki dua belas tingkat dan setiap tingkatnya memiliki kolam untuk digunakan berendam atau berenang dibawah air terjun Soluopa.

Anda tidak perlu khawatir jika ingin menjelajahinya lebih dalam lagi. Sebab telah disediakan tangga batu untuk Anda menikmati bagian dari setiap air terjun Soluopa ini.

9. Taman Nasional Lore Lindu

Taman nasional Lore Lindu ini terletak di dua kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah, yaitu Kabupaten Poso dan Kabupaten Donggala. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 231 ribu hektar yang menjadi rumah bagi flora dan fauna endemik langka yang terdapat di Sulawesi saja.

Taman nasional ini mencakup pegunungan, rawa, danau dan hutan dalam satu tempat wisata kemudian ditinggali 117 jenis mamalia, 88 jenis burung, 29 jenis reptil dan 19 jenis amfibi. Dari semua jenis fauna tersebut 50% merupakan fauna endemik Sulawesi.

Bukan hanya flora dan fauna saja yang Anda dapat nikmati di taman nasional ini. Melainkan taman ini memberikan peradaban megalitik yang membuat Anda terkagum.

10. Air Terjun Sampala

Kabupaten Morowali memiliki berbagai macam destinasi wisata alam yang pantas untuk ditelusuri namun untuk bisa menikmati hal tersebut Anda harus berpetualang untuk bisa menikmatinya. Salah satunya yaitu air terjun Sampala. Anda harus melakukan perjalanan sejauh 1,5 km.

Air yang jatuh dari atas tebing membuat semakin menarik untuk dipandang ditambah lagi ada pemandian kolam alami disekitar air terjun yang aman untuk berendam sambil menikmati air terjun dan udara alam yang masih asri.

11. Pulau Sombori

Pulau Sombori atau bisa dikenal dengan sebutan pulau Raja Ampat Sulawesi Tengah. Pulau ini menjadi tempat wisata paling populer di Sulawesi Tengah dikarenakan banyaknya wisatawan local dan mancanegara ingin menyaksikan dan merasakan keindahan pulau Sombori.

Pulau Sambori terletak di Desa Mbokita, Kecamatan Bungku Timur, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Jika Anda mendaki bukit khayangan Anda akan melihat pemandangan miniatur Raja Ampat tapi Anda mesti berhati-hati sebab tebing bebatuan di bukit khayangan terbilang terjal.

Anda juga bisa menikmati dan merasakan jernihnya air laut yang ada di pulau Sombori ini. Mengelilingi pulau bukan hal buruk sambil menyaksikan pemandangan pulau dan hewan laut yang sedang bermain.

Eksplor semua tempat menyenangkan yang ada di pulau Sombori ini dan juga jangan lupa untuk mengunjungi gua berlian dan gua tengkorak, keindahan gua ini akan terlihat saat cahaya matahari masuk menyinari gua.

12. Pulauan Togean

Pulau Togean terkenal dengan kekayaan alam baharinya. Bagaimana tidak, terumbu karang yang ada dipulau ini masih sangat subur jadi jangan heran saat menyelam, Anda melihat banyak spesias ikan berwarna-warni.

Ada banyak hal yang bisa Anda eksplor. Sebagai salah satu surga bahari yang ada di Indonesia. Terdapat 262 jenis terumbu karang dan 596 jenis ikan.

Lokasi terletak di Teluk Tomini dan termasuk di dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah.

13. Pantai Tanjung Karang

Seperti pantai pada umumnya namun pantai ini sangat populer dikalangan wisatawan. Pantai ini cocok jika Anda menikmatinya bersama keluarga besar Anda. Air yang jenih dan bersih ditambah lagi pasir putihnya. 

Anda tidak perlu khawatir tentang fasilitasnya sebab pantai ini telah memadai apa yang Anda butuhkan.

Jadi, itulah 13 tempat wisata paling populer di Sulawesi Tengah. Pilih tempat yang Anda inginkan untuk menikmati keindahan Sulawesi Tengah.

Jangan lupa persiapkan dengan matang jika Anda ingin melakukan perjalanan. Agar supaya Anda dapat meminimalisir hal yang tidak Anda inginkan.

Sekian dan Terima kasih. Berikan tanggapan Anda jika Ada tempat wisata populer lainnya yang harus dikunjungi.

Add Comments


EmoticonEmoticon